Profesionalisme Kerja Pegawai pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ambon
Abstract
This study aims to determine the quality of public services at the Ambon City’s Population and Civil Registration Service Offices, and the dimensions of employee professionalism which are supporting and inhibiting factors for improving the quality of public services at the Ambon City’s Population and Civil Registration Service Offices. The data was collected in this study were analyzed using descriptive qualitative analysis techniques through steps, or components of interactive model data analysis. Data collection techniques used through this research are interviews, observation and documentation. The results of this study indicate, the level of quality of public services by the administering apparatus of the field of population administration and civil registration at the Ambon City’s Population and Civil Registration Service is in sufficient condition, this is a contribution of the employee's work professionalism factor.
Downloads
References
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. (2005). Manajemen Kualitas Jasa. Yogyakarta: Andi.
Felix, R. (2017). Service Quality and Customer Satisfaction in Selected Banks in Rwanda. Journal of Business & Financial Affairs, 06(01), 1–11. https://doi.org/10.4172/2167-0234.1000246
Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Mukarom, Zainal & Laksana, M. W. (2016). Membangun Kinerja Pelayanan Publik Menuju Clean Government and Good Governance. Bandung: Pustaka Setia.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 37 Tahun 2007. (2007). Pelaksanaan Undang– Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/4759/pp-no-37-tahun-2007
Peraturan Walikota Ambon Nomor 38 Tahun 2016. (2016). Organisasi dan Tata Kerja Dinas Kota Ambon. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/121339/perwali-kota-ambon-no-38-tahun-2017
Sedarmayanti. (2012). Good Governance: Kepemerintahan Yang Baik Dalam Rangka Otonomi Daerah Upaya Membangun Efektif dan Efisien Melalui Restrukturisasi dan Pemberdayaan. Bandung: Mandar Maju.
Sondang P. Siagian. (2014). Administrasi Pembangunan. Jakarta: Bumi Aksara.
Supriyono. (2001). Sistem Pengendalian Manajemen. Jakarta: Erlangga.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006. (2006). Administrasi Kependudukan.
Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013. (2013). Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. (2009). Pelayanan Publik.
Veithzal Rivai. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wariati. (2015). Pengelolaan Keuangan Dan Aset Kabupaten Barito Timur . Jurnal Wawasan Manajemen, 3(3), 217–228. Retrieved from https://jwm.ulm.ac.id/id/index.php/jwm/article/view/3

Copyright (c) 2021 PUBLIC POLICY (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan harus menyetujui ketentuan sebagai berikut;
- Hak publikasi atas semua materi naskah yang diterbitkan dipegang oleh dewan penyunting dengan sepengatahuan penulis.
- Ketentuan legal formal untuk akses digital Jurnal Public Policy tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution Sharealike (CC BY SA) yang berarti Jurnal Public Policy berhak menyimpan, mengalih media/mengformatkan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat dan mempublikasikan naskah tanpa meminta ijin dari penulis selama tetap mencantumkan nama penulis sebagai pemilik hak cipta.
- Naskah yang dipublikasikan bersifat open access untuk tujuan penyebarluasan hasil penelitian. Selain tujuan tersebut, dewan penyunting tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.