Transfer Pricing, Bagaimana Pengaruh Perencanaan Pajak, Tunneling Incentive, Aset Tidak Berwujud, Persentase Komisaris Independen dan Debt Covenant?

  • Rizwan S. Jama Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara, Indoensia
  • Iqbal M. Aris Ali Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara, Indoensia https://orcid.org/0000-0003-2382-4232
  • Fitriani Sardju Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara, Indoensia
Keywords: Tax Planning, Tunneling Incentive, Intangible Asset, Precentage of Independent Commisioner, Debt Covenant, Transfer Pricing

Abstract

The aim of this research is to examine tax planning variables, tunneling incentives, intangible assets, the portion of independent commission agents and debt arrangements that influence transfer prices. The research object is a manufacturing company listed on the Indonesian Stock Exchange. The sample was 50 companies, selected using purposive sampling techniques. Secondary data sources using multivariate linear regression analysis techniques. The research results show that tunneling incentives have a positive effect on transfer prices. Tax planning, intangible assets, percentage of independent commission agents and debt arrangements have no effect on transfer pricing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfinsyah, M. R. (2021). Pengaruh Mekanisme Bonus, Tax Dan Intangible Asset Terhadap Keputusan Transfer Princing. February, 6. http://repository.uinsu.ac.id/14826/1/

Amanah, K., & Suyono, N. A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive, dan Debt Covenant Terhadap Transfer Pricing dengan Tax Minimization Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Memiliki Hubungan Istimewa yang Terdaftar di BEI Peridode 20215 sampai 2018. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 1–13. https://doi.org/10.32500/jebe.v2i1.1452

Andayani, A. S., & Sulityawati, A. I. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Good Corporate Governance (GCG) dan Mekanisme Bonus Terhadap Indikasi Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur. MAJALAH ILMIAH SOLUSI, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.26623/slsi.v18i1.2099

Apriyanti, H. W., Permatasari, D., & Fuad, K. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Kebijakan Metode Transfer Pricing dalam Laporan Keuangan. 9(1), 19–36. https://doi.org/DOI: 10.30659/jai.9.1.19-36

Ayshinta, P. J., Agustin, H., & Afriyenti, M. (2019). Pengaruh Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus dan Exchange Rate Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 - 2017). Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(2), 572–588. https://doi.org/10.24036/jea.v1i2.96

Darma, S. S. (2020). Pengaruh Pajak, Exchange Rate, Tunneling Incentive dan Bonus Plan Terhadap Transaksi Transfer Pricing pada Perusahaan Multinasional Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bei Tahun 2014-2017. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(3), 469–478. https://doi.org/10.32493/jee.v2i3.6811

Ginting, B. D., Triadiarti, Y., & Purba, L. E. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Pajak, Mekanisme Bonus, Kepemilikan Asing, Debt Covenant dan Intangible Assets Terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bei Tahun 2015 – 2017). Akuntansi, Keuangan & Perpajakan Indonesia (JAKPI), 7. https://doi.org/10.24114/jakpi.v7i2.18155

Haliyah, N. S., Saebani, A., & Setiawan, A. (2020). Pengaruh Tarif Pajak, Tunneling Incentive, dan Intangible Asset Terhadap Keputusan Transfer Pricing. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 2(1), 520–530. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/biema/article/view/1650

Hasna, R. U., & Mulyani, S. D. (2020). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Tunneling Incentive Terhadap Tindakan Transfer Pricing Dengan Komite Audit Sebagai Moderating. Prosiding Seminar Nasional Pakar Ke 3, 2010, 2.5.1-2.5.6. https://doi.org/10.25105/pakar.v0i0.6827

Husna, E. A., & Wulandari, S. (2022). Tax Planning, Tunneling Incentive and Intangible Asset on Transfer Pricing. Bilancia: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 6(3), 246–256. https://doi.org/10.35145/bilancia.v6i3.1845

Hutabarat, H., & Ardillah, K. (2020). Pengaruh Perencanaan Pajak, Mekanisme Bonus, dan Kepemilikan Asing Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Kalbis, 8(3), 10–17. http://alumni.kalbis.ac.id/index.php/kalbisiana/article/view/1499

Indrasti, A. W. (2016). Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing, Bonus Plan dan Debt Covenant Terhadap Keputusan Perusahaan Untuk Melakukan Transfer Pricing (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015). PROFITA, 9(3), 348–371. https://doi.org/10.22441/journal profita.v9i3.2878

Jafri, H. E., & Mustikasari, E. (2018). Pengaruh Perencaan Pajak, Tunneling Incentive dan Aset Tidak Berwujud Terhadap Perilaku Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Memiliki Hubungan Istimewa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 3(2), 63. https://doi.org/10.20473/baki.v3i2.9969

Junaidi, A., & Yuniarti. Zs, N. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Debt Covenant dan Profitabilitas Terhadap Keputusan Melakukan Transfer Pricing. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 3(1), 31–44. https://doi.org/10.36085/jam-ekis.v3i1.530

Liputan6. (2016). 2.000 Perusahaan Asing Gelapkan Pajak Selama 10 Tahun. Liputan 6. https://www.liputan6.com/bisnis/read/2469089/2000-perusahaan-asing-gelapkan-pajak-selama-10-tahun

Murtanto, & Bonita. (2021). The Effect of Tax Expense, Bonus Mechanism, and Tunneling Incentive to Transfer Pricing Decision With Profitability as a Moderating Variable. Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi, 21(2), 293–308. https://doi.org/10.25105/mraai.v21i2.10404

Novira, A. R., Suzan, L., & Asalam, A. G. (2020). Pengaruh Pajak, Intangible Assets, dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Journal of Applied Accounting and Taxation, 5(1), 17–23. https://doi.org/10.30871/jaat.v5i1.1852

Rahman, W. A., & Cheisviyanny, C. (2020). Pengaruh Mekanisme Bonus, Exchange Rate, Intangible Assets, dan Kompensasi Rugi Fiskal Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 2(3), 3125–3143. https://doi.org/10.24036/jea.v2i3.272

Rengganis, R. M. Y. D., & Putri, I. G. A. . A. D. (2018). Pengaruh Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 24(2), 871–898. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i02.p03

Rizkillah, A. A., & Putra, R. J. (2022). Pengaruh Intangible Asset, Good Corporate Governance Terhadap Transfer Pricing dengan Moderasi Tax Avoidance. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 699–712. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.473

Rosa, R., Rita, A., & Raharjo, K. (2017). Pengaruh Pajak, Tunneling Insentive, Mekanisme Bonus, Debt Covenant Dan Good Corperate Gorvernance (Gcg) Terhadap Transaksi Transfer Pricing. 114. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/AKS/article/view/806/782

Sa’diah, F., & Afriyenti, M. (2021). Pengaruh Tax Avoidance, Ukuran Perusahaan, dan Dewan Komisaris Independen terhadap Kebijakan Transfer Pricing. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 3(3), 501–516.

Sanusi, A. A., & Fidiana. (2022). Pengaruh Perencanaan Pajak, Profitabilitas, Exchange Rate, dan Kualitas Audit Terhadap Keputusan Transfer Pricing. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 11(5), 2–21. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/download/4533/4532

Wafiroh, N. L., & Hapsari, N. N. (2016). Pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus pada Keputusan Transfer pricing. El Muhasaba: Jurnal Akuntansi, 6(2), 157. https://doi.org/10.18860/em.v6i2.3899

Wijaya, I., & Amalia, A. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, dan Good Corporate Governance Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Profita, 13(1), 30. https://doi.org/10.22441/profita.2020.v13i1.003

Wulandari, S., Oktaviani, R. M., & Hardiyanti, W. (2021a). Pengaruh Pajak, Aset Tak Berwujud, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Transfer Pricing. Proceeding SENDIU, 1(1), 978–979. https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/8616

Wulandari, S., Oktaviani, R. M., & Hardiyanti, W. (2021b). Transfer Pricing dari Perspektif Perencanaan pajak, Tunneling Incentive, dan Aset Tidak Berwujud. Wahana Riset Akuntansu=i, 9(2), 152–162. https://doi.org/10.24036/wra.v9i2.113208

Yunistiyani, V., & Tahar, A. (2017). Corporate Social Responsibility dan Agresivitas Pelaporan Keuangan Terhadap Agresivitas Pajak Dengan Good Corporate Governance Sebagai Pemoderasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(1), 1–31. https://doi.org/10.23887/jia.v2i1.9610

Yusuf, M., & Maryam. (2022). Pengaruh Tax Avoidance Terhadap Firm Value yang Dimoderasi oleh Transparansi Perusahaan. Journal of Islamic Accounting …, 88–107. http://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jisacc/article/download/1083/554

Published
2024-02-11
How to Cite
Jama, R., Ali, I., & Sardju, F. (2024). Transfer Pricing, Bagaimana Pengaruh Perencanaan Pajak, Tunneling Incentive, Aset Tidak Berwujud, Persentase Komisaris Independen dan Debt Covenant?. Public Policy ; Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik Dan Bisnis, 5(1), 320-335. https://doi.org/10.51135/PublicPolicy.v5.i1.p320-335